Rabu, 22 Juni 2016

Masjid AR. FACHRUDDIN & SPBU UMM

1. MASJID AR. FACHRUDDIN
Masjid ini berada di jalan Raya Tlogomas ( kampuas III UMM). Masjid ini berlantai 5, memiliki multi-fungsiselain untuk kegiatan ibadah sholat.
  1. Lantai 5 digunakan untuk ;ruang kuliah D3 Bahasa Arab dan Laboraturium Psikologi.
  2. Lantai 3 dan 4 selain untuk kegiatan sholat dengan kapasitas 5000 jama’ah terdapat 12 ruangan kelas untuk perkuliahan AIK.
  3. Lantai 2 digunakan untuk : Badan Pemakmuran Masjid (BPM), Pusat Studi Ilmu Filsafat (PSIF), Perpustakaan, Dosen AIK dan pelayanan AIK dan MKDU, seminar, Lab. Bahasa Arab, Lab. Psikologi, Unit Kegiatan Mahasiswa Jmaah AR Fachruddin, Ruang kelas AIK dan tempat wudhu jamaah.
  4. Lantai 1 digunakan untuk : UPK kesehatan/Politeknik, Bank BNI, Bank Jatim, Markaz dakwah.
Masjid AR. Fachruddin dibangun pada tahun 1995 dan diresmikan oleh Presiden BJ. Habibie (Presiden RI ke 3) pada tahun 1998. Masjid ini terdiri dari 5 lantai yang dimanfaatkan selain untuk tempat peribadatan juga untuk perkuliahan dan perkantoran.
 Lokasi masjid adalah di tepi jalan raya tlogomas, akses jalan ke arah kota batu. Bangunan masjid dibuat dengan asitektur modern yang sangat eksotik. Oleh karena letaknya yang strategis, maka masjid AR. Fachruddin sering digunakan sebagai salah satu tujuan wisata.
Tempat peribadatan berada dilantai 3 sampai lantai 5. lantai 2 digunakan untuk perkantoran takmir masjid, perpustakaan, ruang perkuliahan, laboratorium Psikologi, tempat wudhu’ dan aula. Lantai 1 digunakan untuk perkantoran, bank, kantin, Kopkar, ATM, dan laboratorium, bimbingan konseling, poliklinik, radio UMM FM dan beberapa kantor pusat studi.
Masjid AR Fachruddin Universitas Muhammadiyah Malang memiliki arah kiblat yang sudah tepat (shahih) dan telah dibuktikan oleh CASA (Club Astronomi Santri Assalaam). Masjid ini digunakan sebagai pusat dakwah Muhammadiyah dan pusat kegiatan keislaman bagi seluruh sivitas akademika maupun masyarakat umum.

 


2. SPBU UMM
SPBU ini terletak tidak jauh dari masjid AR. Fachrudin yaitu berada disebelah kiri pintu keluar Barat kampus III UMM. SPBU UMM ini sengaja dibangun karena banyaknya konsumsi bahan bakar oleh para mahasiswa, dosen dan karyawan UMM. Dan juga agar para mahasiswa, dosen dan karyawan tidak perlu bingung lagi untuk mengisi bahan bakar. SPBU UMM ini dilengkapi dengan Cafetaria dan resting area untuk tempat beristirahat para pengemudi yang kelelahan. Dan juga pembangunan SPBU ini dinilai sangat prospektif.
 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar